Lokasi

LOKASI GEREJA

Gereja Santo Bonaventura terletak di kompleks perumahan Pulomas, Jakarta Timur, bertetangga dengan RS Kartika – Pulomas, sebelah barat dari Pacuan Kuda, dan di sebelah selatan dari gedung sekolah ASMI.

Setiap hari Minggu sampai sekitar pukul 10:00 di sepanjang jalan Pacuan Kuda dari ASMI ke selatan tertutup oleh pedagang kaki lima. Sehingga Akses masuk disarankan melalui Jalan Pulomas Utara atau Jalan Pulomas Raya.

Batas Dekenat Jakarta Timur

Peta Wilayah dan Lingkungan

KOMPLEKS GEREJA

Kompleks gereja terdiri dari 2 bagian utama, yaitu gedung gereja dan Wisma Bonaventura.

Gedung Gereja dapat menampung kurang lebih 800 orang, di depan gereja terdapat tempat parkir untuk Misa Harian. Pada hari-hari besar gereja seperti Paskah ataupun Natal, tempat parkir ini dipasangi tenda dan CCTV untuk digunakan oleh umat yang tidak tertampung di dalam gereja. Di depan gereja juga terdapat patung Santo Bonaventura, pelindung gereja ini.

Wisma Bonaventura menempati bekas Rumah Pasturan, serta selesai dibangun pada tahun 2000. Wisma ini terdiri dari 3 lantai.

Lantai pertama Wisma digunakan untuk Pasturan, kantor Sekretariat, poliklinik PSE yang buka setiap hari Minggu, serta terdapat ruang Doa Santa Monika. Ruang Doa ini dapat digunakan oleh umat setiap waktu, seringkali juga digunakan untuk doa meditasi oleh kelompok-kelompok doa. Setiap hari Kamis dari pukul 06:30-20:00, ruang doa ini digunakan sebagai ruang doa adorasi, dimana ditahtakan Sakramen Mahakudus.

Kapasitas Ruang Doa ini hanya sekitar 30 orang, dilengkapi dengan karpet untuk duduk bersila dan bangku kecil untuk berlutut. Pada saat awal adorasi biasanya dipenuhi umat dan sering kali tidak dapat menampung seluruh umat yang akan ikut beradorasi menghormati Sakramen Mahakudus. Suasana hening dan hikmat selalu dijaga disekitar ruang doa ini, terutama saat ada adorasi, sehingga memberikan kenyamanan kepada umat yang berdoa.

Lantai kedua digunakan untuk kantor perawatan gereja, serta ruang-ruang pertemuan yang digunakan untuk berbagai keperluan Seksi-seksi dan Kelompok Kategorial. Ruang-ruang ini cukup intens digunakan pada waktu malam hari oleh seksi-seksi maupun umat untuk berbagai keperluan, sebagai kelas belajar kitab suci, latihan koor, rapat-rapat, dll.

Lantai tiga adalah aula yang digunakan untuk rapat-rapat atau pertemuan yang agak besar, serta dapat digunakan untuk kurang lebih 300 orang.

Diantara Wisma Bonaventura dan Gereja terdapat Gua Maria, Kantor Koperasi Kredit Union serta Toko Buku kecil.