Retret Misdinar St. Bonaventura (27-29 Des 2017)

Album Foto

Mau & Berani Melayani dalam Kebersamaan

Retret akhir tahun sudah menjadi kegiatan besar tahunan Misdinar St. Bonaventura. Retret yang dilaksanakan pada tanggal 27-29 Desember 2017 di Villa Citeko ini diikuti oleh 49 peserta dan dibimbing oleh romo yang ditahbiskan Desember 2017 lalu, Rm. Bernardus Indragraha, Pr. Ini menjadi retret pertama yang beliau pimpin.

Para misdinar antusias menyambut retret ini, terlihat saat pencarian dana, banyak yang membantu panitia berjualan parsel, mengamen di halaman gereja, dan bahkan para pendaftar sudah memenuhi seluruh kuota peserta.

Dengan tema “Melayani dalam Kebersamaan”, retret tahun ini bertujuan untuk melayani yang tak sekedar melayani Tuhan tetapi juga menjalin keakraban dengan sesama. Diharapkan juga misdinar mampu memaknai perbedaan terutama di keluarga misdinar sendiri yang sangat beragam.

Suasana sejuk yang ditawarkan alam kepada para peserta retret membuat peserta semakin hikmat menjalankan retret yang merupakan penutup tahun yang manis di 2017 ini. Banyak kegiatan yang dilakukan dengan tujuan jelas, misalnya WWJ (Walk With Jesus), di kegiatan malam ini para peserta diminta untuk mengingat kembali isi sesi dan dilatih sikap-sikap yang seharusnya dimiliki misdinar seperti jujur dan bertanggung jawab. Adapula kegiatan lainnya seperti sesi yang dibawakan oleh Romo Graha, refleksi, outbond, misa, malam keakraban, sharing, games, dan masih banyak lagi. Semua peserta berusaha untuk mengikuti rangkaian acara yang sudah disusun sedemikian rupa dengan baik.

Terimakasih para pendamping dan panitia. Kiranya anak-anak misdinar semakin rajin dalam melayani dan semakin kompak satu sama lain ucap salah satu orangtua peserta.

“Retretnya seru dan asik, sayang hanya tiga hari. Banyak pelajaran yang didapat dan banyak kenangan manis yang terjadi” ucap Oswald, salah satu peserta retret ini.

Banyak harapan-harapan kedepan yang muncul setelah retret ini, terutama harapan kedepannya sebagai misdinar, karena kebersamaan bukan hanya ada di retret ini, melainkan juga di kehidupan sehari-hari sebagai misdinar.

Semua berharap agar melalui retret ini anggota misdinar mampu berproses menjadi lebih baik di keluarga besar misdinar St. Bonaventura. Dan tentu kami dari keluarga besar misdinar St. Bonaventura sangat berterima kasih kepada umat St. Bonaventura yang sudah membantu terlaksananya retret tahunan ini melalui partisipasinya saat kami mencari dana.

(*Dita, Vanni)