Sosialisasi dan Pendaftaran BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial)

Album Foto

Dalam Acara 5 November 2017 di Aula Lt. 3 Wisma Bonaventura pada jam 10-12 siang, PSE bekerjasama dengan BPJS untuk menghadirkan penyuluhan terbuka bagi Umat di Paroki ST. Bonaventura.
Pembicara langsung dari Tim BPJS menjadikan warga mengerti apa arti BPJS sebenarnya beserta manfaatnya bagi orang banyak dan perbedaannya dengan KIS (Kartu Indonesia Sehat) dan JKN (Jaminan Kesehatan Nasional)
Pemerintah telah mencanangkan peta jalan menuju kesehatan Nasional hingga tahun 2019 dalam sistim jaminan sosial nasional, dalam keterangannya mengenai perkembangan cakupan kepesertaan dalam 3,5 Tahun Indonesia menuju UHC (Universal Health Coverage) yaitu jaminan kesehatan untuk seluruh penduduk per 11 Agustus 2017 mencapai 185 juta jiwa. Akses masyarakat terhadap layanan kesehatan akan semakin mudah.
Diterangkan pula mengenai Program JKN dan KIS yang bukan hanya pengeluaran melainkan sebuah investasi. Dalam jangka pendek program ini dapat meningkatkan output dan tenaga kerja sektor lainnya untuk menghasilkan modal manusia melalui peningkatan angka harapan hidup dan pada akhirnya akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam skala Nasional.
Dari hasil survey masyrakat pada umumnya dari manfaat BPJS dianggap penting hampir 95% masyarakat Indonesia merasakan manfaatnya. Dijelaskan pula secara detil mengenai kepesertaan BPJS, dari kelas I-II-III apa saja yang diperlukan dan didapat, dijelaskan secara rinci oleh tim dari BPJS. Disediakan pula sesi tanya jawab yang tentunya tidak disia-siakan oleh para pengunjung yang mengikuti penyuluhan ini dengan minat tinggi dan antusias dimana pertanyaan dari hal dan point penting yang ingin diketahui secara jelas dan bagaimana menyelesaikannya. Jika ada yang ingin memperoleh keterengan seputar BPJS dapat menghubungi pihak terkait atau dibantu PSE.
Pada acara ini juga disediakan anggota tim PSE membantu pendaftaran langsung di tempat dengan membawa persyaratan fotocopy KTP-KK dan peserta harus mempunyai rekening di Bank pemerintah terdaftar yaitu Bank Mandiri / BRI / BNI / BTN. Tercatat dari kehadiran warga umat Paroki ST. Bonaventura sebanyak 80 Orang dan langsung mendaftarkan ikut serta BPJS sebanyak 143 Orang, PSE akan membantu
menyalurkan daftar baru BPJS, untuk selanjutnya umat Paroki yang belum sempat mengikuti acara dan daftar, bisa menghubungi PSE di Gereja.
Semoga dengan ikut serta BPJS dapat sangat membantu berbagi berkat dalam kehidupan bermasyarakat dan diri sendiri di kemudian hari.